7 Tips Membangun Koneksi dengan Orang Sukses, Bukan Orang Dalam

Artikel yang membahas mengenai 7 tips membangun koneksi dengan orang sukses bukan orang dalam yang akan bermanfaat di dunia kerja.

7 Tips Membangun Koneksi dengan Orang Sukses, Bukan Orang Dalam

GROW WITH JAYA - Mungkin kamu pernah mendengar seseorang berkata seperti, "eh gaperlu khawatir, bokap gue punya koneksi atau Orang dalam di perusahaan itu. Pasti kita bakal keterima kok".

MinGrow yakin pasti pernah, mungkin diksi atau perumpaannya sedikit berbeda, namun memiliki maksud yang sama, yaitu mengenai koneksi atau networking atau jaringan, terkadang disebut juga bekingan.

Akan sangat susah jika kita bersaing dengan seseorang yang memiliki banyak koneksi, entah itu dari teman atau keluarga mereka.

Apa itu Orang Dalam?

meme orang dalam
Ilustrasi meme orang dalam (Dok: istimewa)

Orang dalam adalah seseorang yang berkerja di suatu perusahaan atau instansi yang merekomendasikan seseorang yang dia kenal seperti teman atau anggota keluarganya.

Masih menjadi misteri apakah tindakan tersebut bisa benar atau salah, karena disatu sisi hal itu menjadi pengingat betapa pentingnya koneksi atau networking dalam dunia kerja. Di sisi lain hal tersebut sangat mirip dengan praktek nepotisme.

Namun untuk kamu yang tidak punya koneksi sama sekali tidak perlu khawatir, kamu bisa mulai membangun koneksi dengan orang-orang sukses, bukan orang dalam.

Apa itu Orang Sukses?

Orang sukses adalah seseorang yang berhasil dalam berbagai aspek. Jika kita berbicara mengenai dunia kerja, maka orang sukses adalah seseorang yang berhasil dalam kariernya. Sukses bukan mereka yang memiliki banyak uang, secara harfiah sukses sendiri memiliki arti keberhasilan.

Nah, pada artikel kali ini mingrow akan share atau berbagai mengenai 7 Tips Membangun Koneksi dengan Orang Sukses, Bukan Orang Dalam.

7 Tips Membangun Koneksi dengan Orang Sukses, Bukan Orang Dalam

Berikut adalah  7 Tips Membangun Koneksi dengan Orang Sukses, Bukan Orang Dalam yang perlu kamu ketahui:

1. Menjadi Pribadi Berwawasan Luas

Kebanyakan orang sukses memiliki wawasan atau pengetahuan yang luas, mereka adalah orang yang selalu ingin tahu sebab akibat dari a hingga z, tentunya mengenai hal-hal bermanfaat, bukan tentang aib orang lho ya!

Orang sukses haus akan ilmu pemgetahuan, seperti Elon Musk, orang terkaya di dunia. Walaupun sudah memiloki segalanya, Elon masih saja membaca buku, diketahui Elon membaca buku sekitar 10 jam per-hari, kamu bagaimana? 5 menit mungkin sudah ngantuk 🤭

Gapapa, itu bisa menjadi awal untuk kamu mulai suka membaca buku, nggak cuma buku, berbagai informasi bermanfaat yang bertebaran di internet juga bisa kamu serap untuk menambah wawasanmu.

2. Kemampuan Berbicara yang Baik

Selain berwawasan luas, memiliki kemampuan berbicara yang baik juga menjadi skill penting yang wajib dimiliki untuk mendapatkan koneksi orang sukses.

Dengan wawasan yang luas, kamu pasti akan mengerti apa yang mereka bahas, apa yang mereka katakan kepadamu.

Dengan memiliki kemampuan berbicara yang baik, kamh bisa mengobrol dengan mereka dengan nyaman sehingga bisa membuat mereka akrab denganmu.

Kamu bisa mulai berlatih berbicara dengan temanmu dilanjut dengan berbicara kepada orang asing.

Kamu juga bisa belajar public speaking melalui tutorial di Internet, berjaga-jaga jika kamu diharuskan tampil di depan banyak orang.

3. Jauhi Mental Pengemis

Mental pengemis adalah seseorang yang ingin sesuatu namun tidak berusaha, usaha mereka hanyalah meminta kepada orang lain.

Orang sukses akan menjauhi tipe orang tersebut, selain risih mereka hanya akan menganggap orang tersebut sebagai benalu saja.

Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari mental pengemis. Berusahalah semaksimal mungkin untuk mewujudkan keinginanmu. Jika kamu beruntung, mereka akan dengan sendirinya membantu kamu secara ikhlas.

4. Memperlakukan Setiap Orang dengan Baik

Kamu tidak akan pernah tau bagaimana kehidupan setiap orang yang kamh temui atau mungkin kamu kenal.

Banyak orang sukses yang berpenampilan sederhana, dan mungkin saja ada di dekatmu. Atau mungkin mereka memiliki peluang sukses di masa depan.

Maka dari itu, perlakukan setiap orang dengan baik, fokuslah membentuk kualitas diri sendiri, jangan pernah memandang orang dari luarnya saja, dan jangan pernah julid ya.

Bisa saja orang yang kamu perlakukan baik, suatu saat akan membantu kamu ketika sedang dalam situasi terjepit.

5. Menunjukkan Kemampuan diri

Dengan menunjukkan kemampuan diri, orang lain bisa tau mengenai kemampuanmu, orang sukses bisa saja melirik kemampuanmu.

Kamu bisa menunjukkan kemampuanmu melalui media sosial. Seperti contoh, kemampuan mu adalah membuat desain atau program komputer yang unik, perusahaan startup seperti gojek, tokopedia, bahkan google bisa saja merekrut kamu menjadi staff mereka.

6. Bergabung dengan Komunitas

Kamu bisa mulai bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan passion atau minat bakat dan keahlianmu.

Dalam komunitas tersebut ada beragam macam orang dengan berbagai latar belakang namun memiliki minat yang sama, di komunitas tersebut kamu bisa belajar dari mereka yang sudah berpengalaman.

7. Mengikuti Seminar dan Forum

Untuk membangun koneksi bersama orang sukses, kamu perlu mengikuti seminar dan berbagai forum.

Jika kamu adalah mahasiswa, kamu bisa mulai dengan mengikuti organisasi di kampus seperti hima atau bem atau ukm.

Biasanya di setiap kampus setiap harinya ada saja seminar yang diadakan, selain mendapatkan relasi dan ilmu, jika beruntung kamu juga bisa mendapatkan nasi kotak (lumayan buat hemat uang).

Penutup

Nah itulah 7 tips yang bisa kamu pelajari lalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun tidak menjamin 100%, tidak ada salahnya menerapkannya.

Selain menerapkan 7 tips tersebut jangan lupa untuk mendekatkan diri kepada tuhan, rajin lah beribadah, rajin lah membantu sesama, dan berusaha lah sekuat tenaga dan yakini semua tidak ada yang sia-sia. 

Sekian dari MinGrow, terima kasih sudah membaca, yuk baca artikel kami yang lain.

Penulis: Mulyo Anjang Jaya Kusuma

Referensi: kalibrr.com, yoursay, blog mizanstore

Luaskan Manfat dengan Kalimat #YourGrowPartner

Posting Komentar

© Grow with Jaya. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld