Apa itu Deep dan Dark Web? Begini Penjelasan Lengkapnya

Grow with Jaya - Semenjak internet berkembang, banyak inovasi baru yang tercipta untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin kompleks.

Total saat ini untuk pengguna internet di Indonesia pada tahun 2022 ini mencapai sekitar 204,7 juta sedangkan di seluruh dunia mencapai sekitar 4,95 miliar pengguna.

Kebanyakan pengguna internet mengakses konten yang tersedia di internet menggunakan permukaan web atau surface web. 

Orang awam pasti akan mengira internet adalah Google, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Tentu saja mereka salah besar, internet lebih dari itu.

Saat kamu membaca artikel ini saja kamu ada berada di lapisan paling atas atau surface web.

Lapisan yang paling dangkal atau paling atas dimana konten yang tersedia hanyalah 4 - 10 persen dari seluruh konten yang ada di internet.

Ibarat laut, internet ada yang dangkal ada yang dalam. 4 - 10 persen itu berada di internet yang dangkap, sedangkan sisanya ada di internet dalam atau biasa disebut deep web.

Nah jadi, menurut Paul Jackson internet dibagi menjadi 3 bagian yang dianalogikan seperti gunung es. Pasti kamu akan bertanya-tanya mengenai apa aja sih 3 bagian atau lapisan tersebut?

Apa hubungannya dengan dark atau deep web? Apa itu dark atau deep web? Apa fungsinya? Bagaimana dan kenapa bisa diciptakan? dan pertanyaan lain, sabar kita bahas satu persatu.

Sebelum kita membahas hal diatas, mari kita bahas dulu mengenai apa itu web atau teknologi web.

Pengertian Web

Web adalah sekumpulan halaman-halaman yang biasa disebut website dan termasuk kedalam bagian dari internet yang bisa diakses melalui web browser.

Jadi, web itu adalah sebutan dari kumpulan banyak website. Web adalah bagian dari internet. Web barawal dari sebuah proyek Word Wide Web atau WWW yang di inisiasi oleh Tim Berners Lee.

Nah kita udah tau nih apa itu web, selanjutkan mari kita mencari tau mengenai apa sih internet itu?

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Komputer disini bertindak sebagai client dan server. Sekarang ini nggak cuma komputer aja yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

Gadget atau HP juga bisa untuk mengakses internet. Internet diciptakan awalnya hanya sekedar untuk berbagi informasi dan sebagai media komunikasi. Namun, setelah puluhan tahun berkembang banyak inovasi yang tercipta berkat internet.

Nah udah paham kan apa itu internet? selanjutnya mari kita bahas mengenai 3 lapisan internet yang sudah kita singgung diatas.

3 Lapisan Internet

3 Lapisan internet /tulane.edu

Berikut adalah 3 lapisan internet menurut Paul Jakckson yang dianalogikan sebagai gunung es yang terdiri dari Surface Web, Deep Web, dan Dark Web.

Lapisan Surface Web

Lapisan Surface Web adalah lapisan internet  yang paling dangkal atau paling atas atau bagian terluar dalam suatu gambaran gunung es menurut Paul Jackson.

Lapisan Surface Web mencakup segala sesuatu yang bisa diakses dan terindeks oleh mesin pencari atau search enggine seperti Google, Bing, Yahoo, dan search enggine lainnya.

Contohnya seperti webstite Grow with Jaya yang sedang kamu akses saat ini.

Lapisan Deep Web

Lapisan Deep Web adalah lapisan internet  yang dalam atau bagian tengah dari suatu gambaran gunung es menurut Paul Jackson.

Lapisan Deep Web mencakup segala sesuatu yang bisa diakses oleh individu atau kelompok secara terbatas, jadi tidak semua orang bisa mengakses Deep Web.

Contoh Deep Web adalah situs atau website dari perusahaan, publikasi langganan, dan basis data instansi akademik atau pemerintahan.

Lapisan Dark Web

Lapisan Dark Web adalah lapisan internet yang paling terdalam atau paling bawah dari gambaran gunung es menurut Paul Jackson.

Lapisan Dark Web hanya dapat diakses dengan melalui jaringan pribadi virtual atau virtual private network (VPN) yang biasanya sudah tersedia dalam TOR Browser.

Jadi, untuk mengakses Dark Web kamu bisa menggunakan TOR Browser ditambah dengan VPN. 

Awal Mula Dark Web diciptakan

Berawal pada tahun 2000 bersamaan rilisnya Freenet, sebuah proyek tesis dari mahasiswa Universitas Edinburgh lan Clarke untuk membuat "Sistem Penyimpanan dan Pengambilan Informasi Terdesentralisasi Terdistribusi." 

Clarke memilik tujuan untuk menciptakan cara baru untuk berkomunikasi secara anonim dan berbagi file secara online.

Inilah yang menjadi cikal bakal proyek TOR yang rilis pada tahun 2000 dan meluncurkan versi browser pada tahun 2008.

Dengan adanya TOR, user dapat menjelajahi internet secara penuh tanpa sensor, privat dan aman secara anonim dan menjelajah situs paling dalam yaitu Dark Web.

Cara Kerja Dark Web

Dark Web digunakan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk berkomunikasi secara anonim.

Barulah setelahnya Dark Web menjadi pusat perhatian dan mulai banyak yang menggunakan Dark Web.

Kebanyakan dari mereka menggunakan Dark Web sebagai sarana melakukan tindakan legal dan tak sedikit juga yang melakukan tindakan ilegal.

Dark Web menggunakan teknologi TOR yang dimana terdapat suatu eksripsi berlapis sehingga pengguna hampir tidak mungkin untuk dilacak.

Penggunaan Legal Dark Web

Kira-kira apa aja sih pengunaan legal atau sah dari Dark Web? Berikut beberapa tindakan yang dinilai legal atau sah menggunakan Dark Web.

  • Sebagai sarana komunikasi secara aman dan anonim
  • Menghindari sensor dan pengawasan dalam berkomunikasi
  • Sebagai media untuk mencari ilmu pengetahuan
  • Dan tindakan legal lainnya

Penggunaan Ilegal Dark Web

Jika diatas kita udah bahas mengenai pengunaan legal dari Dark Web, mari kita bahas mengenai pengunaan ilegal dari Dark Web.

Berikut adalah bebrapa tindakan ilegal menggunakan Dark Web:

  • Sebagai sarana jual beli obat-obatan terlarang
  • Sebagai sarana jual senjata ilegal dan hal-hal ilegal lainnya
  • Sebagai sarana perdagangan por*n*grafi
  • Sebagai sarana perdagangan manusia
  • Dan tindakan ilegal lainnya

Kesimpulan

Web adalah sekumpulan halaman-halaman yang biasa disebut website, menurut Paul Jackson internet dibagi menjadi 3 bagian yang dianalogikan seperti gunung es.

3 lapisan internet menurut Paul Jakckson yang dianalogikan sebagai gunung es yang terdiri dari Surface Web, Deep Web, dan Dark Web.

Dark Web digunakan untuk berbagai macam tujuan ada yang legal dan ada yang ilegal.

Sekian artikel mengenai Apa itu Deep dan Dark Web? Begini Penjelasan Lengkapnya.

Semoga dapat menambah wawasan dan insight kamu seputar Dark Web. 

Editor: Mulyo Anjang Jaya Kusuma

Sumber: growwithjaya.com

Next Post Previous Post
No Comment
Komentar
comment url