Profesi Cyber Security, Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan

Profesi Cyber Security, Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan
Grow with Jaya - Seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, semakin berkembang pula ancaman kejahatan yang akan terjadi.

Kejahatan dalam ranah teknologi informasi atau dunia digital sangatlah berbeda dengan kejahatan di dunia nyata, namun untuk dampaknya masih sama, yaitu sangat merugikan.

Kejahatan teknologi informasi komunikasi atau dunia digital atau biasa disebut juga kejahatan dunia maya, atau juga istilah kerennya Cyber Crime ada banyak jenisnya, mulai dari bullying atau ujaran kebencian hingga hack1ng atau peretasan.

Jika didalam dunia nyata ada polisi atau aparat keamanan sebagai profesi yang bertugas untuk menangulangi atau mengatasi kejahatan, nah kalo di dunia maya atau digital ada yang namanya Cyber Security.

Apa sih cyber security itu?

Jika kamu mentranslate kata cyber security kedalam bahasa indonesia maka akan muncul kata keamanan siber atau cyber.

Cyber security diartikan sebagai sebuah metode yang digunakan untuk keamanan digital, bisa diartikan juga sebagai profesi seseorang yang melakukan kegiatan pengamanan dalam ranah digital.

Saat ini, profesi seorang cyber security sangat dibutuhkan oleh agensi digital, perusahaan, organisasi, pemerintahan, dan startup.

Mungkin kamu tertarik berkarier dalam bidang cyber security? Jika iya kamu ada di artikel yang tepat.

Karena pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai Profesi Cyber Security, Karier, Tugas, Skill, Gaji, dan Jurusan.

Deksripsi Singkat

Nama Profesi: Cyber Security (Pengamanan Siber)

Gaji/Upah: Rp. 5 - Rp. 10jt/Bulan

Pendidikan: SMA/SMK, S1/Sederajat

Jurusan: Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Informatika, jurusan IT lainnya.

Sertifikasi: CISSP (Certified Information System Security Professional), CISM (Certified Information Security Manager), Comptia Security+, CISA (Certified Information System Auditor), (CEH) Certified Ethical Hacker, dan sertifikasi lainnya.

Tempat Kerja: Agensi digital, Freelance, Organisasi Internasional, Pemerintahan, Perusahaan, Startup.

Mengenal Cyber Security

Istilah atau kata cyber security akan sangat terdengar asing oleh mereka yang awam akan teknologi.

Terutama masyarakat indonesia, mereka biasanya akan berpikir bahwa cyber security adalah seorang hack3r, atau seseorang yang pintar dalam komputer.

Menurutmu bagaimana? Apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar kata atau istilah cyber security?

Mungkin kamu akan berpikir sama seperti mayoritas orang indonesia, dimana cyber security adalah seseorang didalam kegelapan yang sedang melakukan aktifitas jahat menggunakan komputer, wah sepertinya kamu terlalu banyak menonton film.

Sebenarnya tidak ada salahnya, masih ada kaitannya. Namun secara definisi anggapan itu salah besar.

Jadi sebenarnya apa itu cyber security? Yuk kita bahas

Cyber Security atau keamanan siber atau pengamanan siber adalah sebuah metode, cara, dan praktik untuk melindungi komputer, perangkat atau sistem elektronik, sistem digital atau server, dan informasi atau data dari serangan kejahatan siber.

Ada banyak jenis serangan kejahatan siber yang saat ini berkembang, seperti phising, spamming, ddos, mallware, trojan, social engineering dan berbagai kejahatan siber lainnya.

Cyber security sangat dibutuhkan oleh perusahaan, organisasi pemerintahan, dan startup yang bergerak dalam ranah digital untuk melindungi sistem digital dan data pelanggan mereka.

Biasanya, perusahaan atau startup yang terdampak serangan kejahatan siber akan kehilangan aset, dan membuat reputasi bisnis tersebut menjadi buruk, serta menghadapi denda dan biaya remediasi.

Maka dari itu cyber security hadir sebagai solusi untuk menanggulangi kejahatan keamanan siber.

Tugas & Jobdesk

Jika kamu tertarik untuk berkarier pada bidang cyber security, maka kamu harus tau tentang tugas seorang cyber security.

Berikut beberapa tugas dan jobdesk seorang cyber security yang wajib kamu ketahui:
  • Melindungi perangkat lunak atau software, sistem digital, dan jaringan dari segala ancaman kejahatan siber.
  • Bertanggung jawab untuk menemukan cara yang paling efektif untuk perangkat lunak atau software, sistem digital, dan jaringan serta melakukan pengujian risiko.
  • Membangun dan memelihara sistem keamanan perusahaan.
  • Melakukan pemasangan firewall, melakukan pengujian sistem keamanan, dan menguji keamanan suatu jaringan.
  • Mengembangkan program automasi yang dapat melacak suatu insiden.
  • Mengimplementasikan dan mengawasi keamanan beserta jaringan komputer perusahaan atau organisasi.
  • Berperan aktif dalam proses design, riset, dan pengembangan arsitektur keamanan perusahaan atau organisasi.
  • Berperan aktif ketika terjadi suatu insiden keamanan maupun serangan siber.
  • Mengedukasi dan mencegah timbulnya insiden serupa.
  • Dituntut untuk bisa mengakses dan menganalisis bukti dari berbagai hal, mulai dari perangkat penyimpanan data, jaringan, atau komputer.
  • Memeriksa efektif atau tidaknya suatu sistem keamanan cyber security dari suatu perusahaan atau organisasi.
  • Memberikan solusi untuk dapat meningkatkan sistem yang lebih aman dari potensi berbagai serangan siber.
Dan masih banyak lagi, jadi untuk tugas seorang cyber security bisa saja seperti yang yang udah kita bahas diatas bisa juga berbeda, kembali lagi pada ketentuan perusahaan.

Skil & Keahlian

Untuk menjadi seorang cyber security dibutuhkan skill dan keterampilan yang tidak sedikit, seorang cyber security dituntut untuk menguasai banyak hal.

Berikut skill dan keahlian yang harus dimiliki oleh seorang cyber security:
  • Pengetahuan tentang matematika dan algoritma
  • Pengetahuan tentang bahasa pemrograman
  • Pengetahuan tentang teknologi dan perkembangannya
  • Pengetahuan tentang sistem cloud, virtual machine, dan devops
  • Kemampuan analisis yang baik
  • Kemampuan bahasa asing
  • Memahami sistem jaringan
Cukup banyak ya?

Kamu tidak harus menguasai semua itu, minimal kamu bisa menguasai bahasa pemrograman dan memahami dasar cyber security.

Jenjang Karier

Ternyata profesi cyber security juga ada jenjang kariernya lho, terdapat sekitar 5 jenjang karier cyber security. Apa aja sih? Yuk kita simak penjelasannya.

Security Engineer

Security engineer atau cyber security engineer atau insinyur keamanan siber adalah jenjang karier awal dalam suatu tim cyber security di perusahaan atau startup.
 
Seorang security engineer bertugas membangun suatu sistem yang akan digunakan untuk melindungi sistem komputer dan jaringan serta melacak insiden yang akan terjadi.

Security Architect

Security architect atau cyber security architect  atau arsitek keamanan siber adalah jenjang karier kedua setelah security enggineer dalam suatu tim cyber security di perusahaan atau startup.

Security architect atau arsitek keamanan siber bertugas dan bertanggung jawab untuk merancang, membuat, dan memeliharan sistem keamanan dalam jaringan teknologi informasi suatu perusahaan atau startup, termasuk sistem komputer dan data.

Security Analyst

Seorang security analyst memiliki tugas untuk menganalisis, memantau, mencegah, dan menghentikan serangan yang akan dan sudah terjadi. 

Biasanya mereka akan membuat suatu program dan menerapkan firewall dan suatu sistem perangkat lunak dengan tujuan untuk melindungi sistem, jaringan, dan data dari serangan jahat.

Auditor  Security

Auditor security atau auditor keamanan siber adalah seseorang dalam suatu tim cyber security yang bertugas melakukan evaluasi secara sistematis keamanan sistem informasi suatu perusahaan atau startup, dengan mengukur seberapa baik tingkat kesesuaian dengan serangkain kriteria yang telah ditetapkan.

Seorang auditor security akan melakukan audit sistem secara menyeluruh, mulai dari menilai keamanan konfigurasi fisik (hardware), lingkungan sistem, perangkat lunak (software), proses penanganan informasi, hingga praktik pengguna.

Chief Information Security Officer 

Chief information security officer atau kepala petugas keamanan informasi adalah eksekutif atau pimpinan senior sebuah perusahaan atau startup yang bertanggung jawab dalam manajemen, implementasi, dan penggunaan teknologi informasi, serta memastikan aset digital perusahaan dapat terlindungi.

Gaji/Upah

Seperti yang udah kita bahas pada deskripsi profesi, gaji atau upah seorang cyber security dimulai dari angka Rp. 5 sampai Rp. 10 juta rupiah.

Gede banget kan? Kalah lho UMR di indonesia, hehe. Belum lagi jika berkerja pada perusahaan asing, biasanya kamu akan digaji dengan dolar.

Untuk perusahaan atau startup local saya rasa juga terbilang gede, jadi tidak perlu khawatir untuk kamu yang ingin berkarier di Indonesia saja.

Informasi ini sekedar perkiraan saja, semua tergantung ketentuan perusahaan, jadi kembali lagi pada perusahaan tersebut.

Jurusan

Untuk jurusan disini saya merekomendasikan rumpun ilmu komputer, dalam artian segala jurusan yang mempunyai keterkaitan dengan komputer.

Walaupun ngak harus sih, banyak dari mereka yang berkarier pada bidang ini dengan latar belakang jurusan bukan komputer, jadi buat kamu yang udah terlanjur salah jurusan gapapa kok. Kamu bisa mulai belajar basic cyber security.

Jurusan yang relate atau cocok berkarier pada bidang cyber security yaitu ilmu komputer, teknik informatika, teknik komputer, sistem informasi, dan jurusan IT lainnya.

Penutup

Untuk berkarier pada bidang cyber security itu tidak mudah, diperlukan waktu belajar yang tidak sedikit, banyak dari mereka yang menyerah ditengah jalan, entah karena bosan atau materinya tidak masuk diotak atau mungkin binggung harus kemana.

Jadi pastikan kamu mempelajari basic atau dasarnya terlebih dahulu, haram hukumnya loncat-loncat materi, kecuali emang kamu punya skill tingkat dewa, seperti di film-film, hehe.

Okey growers, sekian artikel mengenai Profesi Cyber Security, Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta insight kamu!

Grow with Jaya, grow together, succes together!

Terima kasih sudah membaca >,<

Referensi:
campus.quipper.com

Next Post Previous Post