Pengertian Telegram, Sejarah, Fitur, Fungsi & Kelebihan

Pengertian Telegram, Sejarah, Fitur, Fungsi & Kelebihan

Grow with Jaya - Telegram adalah salah satu aplikasi chat atau perpesanan yang saat ini sedang populer digunakan oleh berbagai kalangan.

Hal ini tidak lepas dari berbagai fitur yang dihadirkan oleh telegram, mulai dari secret chat, grup dan channel yang bisa menambung banyak anggota, hingga bot yang bisa digunakan untuk penunjang produktivitas.

Pasti kamu udah ngak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, tapi sebenarnya apakah kamu tau apa sih telegram itu? Siapa sih yang bikin aplikasi ini? dan fitur apa aja sih yang ada di telegram?

Nah pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai aplikasi telegram, yuk kita simak penjelasannya.

Pengertian Telegram

Seperti yang udah kita bahas diatas, Telegram merupakan sebuah aplikasi chating atau perpesanan multiplatform menggunakan teknologi cloud yang bisa diakses secara gratis.

Telegram dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Telegram Messenger LLP yang didanai oleh seorang pengusaha asal Rusia yaitu Pavel Durov

Telegram memiliki source code client -side yang open source dan bersifat gratis yang bisa dikembangkan oleh para developers, sedangkan untuk server-sidenya bersifat privat source atau tertutup.

Telegram tersedia diberbagai sistem operasi atau OS, untuk platform mobile telegram tersedia di OS Android, iOS, Windows Phone, sedangkan untuk dekstop ada OS Linux, MacOS X, dan Windows.

Dengan menggunakan telegram, kamu bisa saling mengirim pesan yang berupa teks, video, foto, audio, dokumen, sticker, dan berkas lainnya.

Telegram juga menyediakan API (Application Programming Interface) yang bersifat open source untuk developers, nah ini akan memudahkan dalam membuat bot, stiker animasi, tema tampilan, dan kebutuhan lainnya.

Untuk mengakses informasi dan kebutukan API dari telegram kamu bisa mengaksesnya pada situs berikut core.telegram.org.

Sejarah Telegram

Jika Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP, nah siapa sih yang mendirikan atau memulai pengembangan telegram?.

Jawabannya adalah Durov bersaudara, yaitu Nikolai Durov dan Pavel Durov. Siapa sih dua bersaudara ini? Mereka adalah dua orang yang sama mendirikan sebuah jaringan sosial rusia VK yang saat ini telah diakuisisi oleh grup mail.ru.

Nikolai bertugas untuk menciptakan sebuah protokol yang disebut MTProto, yang menjadi dasar dari pengembangan aplikasi Telegram.

Sedangkan saudaranya, Pavel Durov memberikan dana atau dukungan yang berupa infrastruktur bersama dengan rekan bisnisnya yaitu Digital Fortress Axel Neff yang saat ini menjabat sebagai co-founder.

Perusahaan yang mereka dirikan terdaftar sebagai LLP di Inggris dan LLC di Amerika, Uniknya telegram ternyata tidak mengungkapkan dimana kantor mereka.

Why? Kenapa?

Karena mereka ingin melindungi tim pengembang dari pengaruh luar dan melindungi pengguna dari permintaan data oleh pemerintah.

Menurut keterangan pers, Telegram saat ini memiliki karyawan di St. Petersburg, Rusia dan sebuah tim yang berbasis di Dubai.

Kapan sih Telegram rilis?

Telegram pertama kali rilis pada tanggal 14 Agustus 2013 yang diluncurkan pada perangkat sistem operasi iOS. Barulah kemudian untuk perangkat Android diluncurkan, yaitu pada tanggal 20 Oktober 2013.

Setelah kira-kira dua bulan diluncurkan, Telegram memliki sekitar 100 ribu pengguna setiap harinya. Banyak banget ga sih?

24 Maret 2014: Telegram sukses menjangkau pengguna dengan total mencapai 35 juta untuk pengguna bulanan, dan 15 juta pengguna aktif setiap harinya.

Desember 2014: Telegram mampu memiliki pengguna aktif mencapai kira-kira 50 juta pengguna, menghasilkan sekitar 1 milyar pesan, dan 1 juta pengguna baru setiap minggunya.

Februari 2016: Telegram memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, 350 ribu pengguna baru  mendaftar setiap harinya, dan 15 milyar pesan setiap harinya.

24 April 2020: Telegram memiliki 400 juta pengguna aktif bulanan.

Saat ini: Telegram memiliki sekitar 1 miliar downloader diplaystore, dan 11 juta ulasan. Saya kira untuk jumlah penggunanya tidak jauh berbeda.

Hingga sekarang Telegram masih terus aktif melakukan updating atau pembaruan, tak jarang pada event tertentu icon menu akan berubah sesuai event yang berlangsung.

Sudah paham mengenai sejarah Telegram? Mari kita bahas mengenai fitur atau fasilitas yang ada di aplikasi Telegram.

Fitur-Fitur Aplikasi Telegram

Telegram memiliki fitur atau fasilitas menarik yang tidak akan kamu temukan di aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Line, FB Messenger, dan aplikasi perpesanan lainnya.

Nah kira-kira fitur apa aja sih itu? Yuk kita simak mengenai fitur-fitur menarik yang ada di aplikasi Telegram.

1. Triples Login Account

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna membuat tiga akun dalam satu aplikasi Telegram. Tentunya fitur ini sangat berguna, terutama untuk para pebisnis dimana mereka bisa mengelola lebih banyak grup, channel, dan bisa untuk kebutuhan promosi.

2. Channel Telegram

Fitur ini yang jarang dimiliki oleh aplikasi perpesanan lainnya, saat ini saya rasa cuma Telegram yang memiliki fitur ini.

Fitur ini dirilis pada Semtember 2015 dengan tujuan awal untuk membangun sebuah komunitas dengan jumlah subscribe atau followers tanpa batas.

Gunanya buat apa sih?

Channel Telegram bisa kita gunakan untuk berbagai hal seperti:
  1. Sebagai media promosi
  2. Sebagai media informasi
  3. Sebagai wadah komunitas
  4. Sebagai sarana eskspresikan diri
  5. Sebagai tempat curhat atau keluh kesah
  6. Dan kegunaan lainnya
Jika dilihat dari perkembangannya, saat ini Channel Telegram bisa dimanfatkan untuk media penyebaran informasi secara broadcast atau satu arah, yang berupa tulisan atau teks, foto, video, dokumen, dan jenis file lain secara cepat.

Fitur ini sangat cocok untuk berbagai kalangan, seperti yang udah kita bahas mengenai kegunaan telegram. 

Contohnya untuk Pebisnis, bisa memanfaatkan Channel Telegram sebagai sarana promosi, untuk Pemerintahan, bisa memanfaatkan Channel Telegram sebagai sarana penyebaran informasi, dan lainnya.

3. Grup Telegram

Telegram memiliki fitur dimana user atau pengguna bisa membuat sebua grup, grup dalam telegram dibagi menjadi dua, yaitu grup publik dan grup privat. Bedanya apa ya?

Untuk grup publik, semua pengguna Telegram bisa mencari keberadaan grup yang kamu buat dengan kata kunci dari nama grup, pengguna lain juga bisa mengintip isi dari grup dan bisa bergabung kedalam grup tanpa diketahui pemilik grup.

Sedangkan untuk grup privat, pengguna lain tidak bisa mencari keberadaan grup, tidak bisa melihat isi grup, dan tidak bisa bergabung kedalam grup tanpa izin dari pemilik grup.

Cukup menarik kan?

Selain itu, grup telegram juga memiliki banyak kelebihan yaitu:
  1. Bisa menampung banyak anggota
  2. Bisa melakukan call/video call dengan penghuni grup
  3. Bisa menambahkan bot untuk produktifitas grup
  4. Dan fitur menarik lainnya
Dengan fitur menarik tersebut, tentunya kamu bisa mengelola grup kamu secara maksimal, entah itu untuk bisnis ataupun komunitas.

Oh iya kamu juga bisa langsung menghubungkan channel dengan grup, jadi nantinya ketika kamu memposting sesuatu di channel, maka otomatis channel akan auto posting di grup kamu.

4. Bot Telegram

Pada bulan juni 2015, Telegram merilis sebuah platform untuk developers dimana memiliki fungsi untuk membuat sebuah akun Bot. Apa sih Bot Telegram itu?

Bot Telegram adalah sebuah akun yang dapat dijalankan atau dioperasikan secara otomatis, yang dibuat menggunakan sebuah bahasa pemrograman.

Sebagai contoh Bot youtube downloader, ketika kamu ingin mendownload sebuah video dari youtube, maka kamu tinggal mengirim link video kepada Bot tersebut.

Bot tersebut akan segera mendownload video tersebut dan langsung tersimpan di cloud, lalu akan mengirimkan kembali video yang ingin kamu download.

Saat ini Bot Telegram dikembangkan untuk berbagai kebutuhan, seperti translate bahasa, file downloader, dan kebutuhan lainnya.

5. Secret Chat

Secret chat adalah sebuah fitur dimana pengguna dapat melakukan chating secara rahasia. Fitur ini menggunakan sebuah teknologi clint-to-client menggunakan protokol keamanan MTProto. 

Dengan menggunakan fitur ini, maka kamu tidak bisa mengambil screenshott, tidak mengizinkan pesan terusan, terdapat fitur penghancur otomatis, dan tidak bisa menyimpan foto atau video pada perangkat.

Cukup menarik ya, fitur ini akan sangat berguna untuk mereka yang melakukan pekerjaan rahasia. Kamu jangan sesekali menggunakan fitur ini untuk keperluan ilegal ya!

Fungsi & Kelebihan Telegram

Berikut beberapa fungsi utama dan kelebihan aplikasi perpesanan Telegram yang wajib kamu ketahui jika ingin mengggunakan aplikasi ini.

1. Aplikasi chating atau perpesanan

Ketika internet belum populer seperti zaman sekarang, untuk mengirim pesan kepada seseorang kita tentunya harus menggunakan layanan SMS, namun sekarang layanan tersebut sudah jarang digunakan. 

Dengan hadirnya aplikasi perpesanan seperti Telegram yang dapat memungkinkan pengguna saling mengirim pesan secara instan, cepat dan gratis. Nggak cuma pesan teks aja, ternyata Telegram juga bisa mengirimkan foto, video, audio, dokumen dan berbagai jenis format lainnya.

Telegram juga menyediakan fitur panggilan telepon dan video call dengan pengguna lain secara persoan atau dalam sebuah grup Telegram yang tentunya bersifat gratis, pengguna hanya perlu terhubung melalui internet.

2. Sebagai media komunitas

Dengan berbagai fitur, akses, dan kemudahan yang ditawarkan oleh Telegram, yang belum hadir pada aplikasi perpesanan lainnya.

Seperti fitur channel dan grup dengan limit anggota yang cukup banyak, fitur ini sangat cocok untuk membangun sebuah wadah atau komunitas atau juga untuk keperluan bisnis lainnya. 

Saat ini sudah banyak kreator, influencer, dan bahkan perusahaan menggunakan Telegram sebagai media untuk membangun komunitas dalam bisnisnya.

3. Media berbagi file

Telegram sangat cocok untuk dijadikan sebagai media berbagi file dengan batas ukuran file yaitu 2GB, namun untuk jumlah file sendiri tidak ada batasan, hal ini akan sangat memudahkan dalam berbagi file.

File disini dapat berupa foto, video, musik, dokumen, dan ekstensi file lainnya. Dengan kelebihan tersebut, kamu bisa dengan mudah menemukan channel atau grup yang berbagi film, musik, anime, ebook, dan file lainnya secara gratis. 

Walaupun ilegal, tapi sampe sekarang masih tetep ada lho! Itu lah yang buat negara kita, indonesia memblokir aplikasi Telegram, namun saat ini negara tidak dapat mengontrol Telegram dikarenakan privasi dan keamanan yang sangat ketat.

Untuk kamu penikmat film atau anime gratisan pasti senang dengan kelebihan ini. Tapi ingat, jangan pernah menyebarkan film atau foto d3wasa lmelalui Telegram ya, karena pihak developer bisa saja memblokir akunmu, jadi gunakan lah secara bijak.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai Pengertian Telegram, Sejarah, Fitur, Fungsi & Kelebihan yang dimiliki oleh Telegram, dan jarang dimiliki oleh aplikasi chating atau perpesanan lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mungkin kamu bisa langsung menggunakan dan menjelajahi aplikasi Telegram.

Sekian dari kami, terima kasih sudah membaca.

Next Post Previous Post