Profesi Data Engineer, Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan

Grow with Jaya - Seperti yang kita ketahui, saat ini data menjadi sesuatu yang sangat penting, yang digunakan untuk menyimpan informasi.

Didalam industri digital atau startup, terdapat suatu profesi dimana tugasnya adalah mengelola data, mereka disebut sebagai data engginer.

Apa sih data engineer itu?

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai data engineer, atau mungkin ingin berkarier pada bidang ini, kamu ada di artikel yang tepat!

Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Pengertian Data Engineer, Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan

Langsung saja kita bahas terlebih dahulu mengenai deskripsi singkat tentang profesi data engineer, baru kemudian kita akan membahas mengenai definisi atau pengertian dari data engineer.

Deskripsi Singkat

Nama Profesi: Data Engineer (Insinyur Data/Tukang Data)

Gaji/Upah: Rp. 4 - Rp. 11 jt/Bulan

Pendidikan: SMA/SMK, S1/Sederajat

Jurusan: Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Statistika, dan jurusan IT lainnya.

Sertifikasi: Certified Data Science for Programmer

Tempat Kerja: Agensi Digital, Freelace, Pemerintahan, Perusahaan, & Startup.

Pengertian Data Engineer

Data Engineer adalah salah satu profesi dalam tim IT di suatu perusahaan atau startup yang memiliki tugas untuk membangun, mengatur, mengelola, dan mengolah suatu sistem berupa basis data atau database, data warehouse dan pipeline.

Untuk membangun suatu sistem dan infrastruktur dengan volume data berukuran besar tentunya tidak bisa hanya dengan infrastruktur konvensional, disinilah tugas seorang data engineer diperlukan, untuk membangun suatu sistem data.

Sistem yang sudah dibangun, akan digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengolah data yang akan dikembangkan menjadi suatu informasi untuk kepentingan bisnis atau produk dari suatu perusahaan atau startup.

Skill & Keahlian

Sebagai seorang yang bertanggung jawab terhadap sistem, maka seorang data engineer harus memiliki beberapa skill atau keahlian yang berbeda.

Seorang data engineer diharuskan untuk memahami bahasa pemrograman, database, kemampuan logis, dan beberapa skill lainnya, seperti yang sudah kita rangkum dibawah ini:

  • Memahami bahasa pemrograman (Python & SQL)
  • Memahami Cloud Computing
  • Memahami System Scripting
  • Memiliki pengetahuan seputar machine learning (ML)
  • Memahami struktur database
  • Memiliki kemampuan analisa statistik
  • Memiliki kemampuan memahami data mining
  • Memiliki kemampuan memahami komunikasi yang baik
  • Memiliki kemampuan memahami memecahkan masalah atau problem solving
  • Memiliki kemampuan memahami bekerjasama atau kolaborasi
  • Menguasai bahasa asing 
  • Dan keahlian lainnya
Cukup banyak ya? 

tenang, ngak semua harus dikuasai, kamu bisa menguasai setengahnya atau beberapa saja, semua tergantung perusahaan yang akan merekrut kamu.

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai tanggung jawab, atau tugas dari seorang data engineer.

Tugas & Tanggung Jawab

Berikut beberapa peran dan tanggung jawab seorang data engineer:

  • Membangun, mengatur, mengumpulkan, mengurutkan, membersikan, dan mengelola data.
  • Menaganalisis dan memberikan hasil analisis kepada tim yang membutuhkan data
  • Melakukan presentasi hasil analisis kepada tim
  • Memanfaatkan data untuk mendukung pengembangan bisnis atau produk
  • Mengembangkan arsitektur sistem data warehouse
  • Dan tugas lainnya sesuai ketentuan tempat kerja

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang data engineer, informasi diatas hanyalah gambaran saja, semua tergantung ketentuan perusahaan atau startup tempat kamu akan kerja.

Jenjang Karier

Berikut beberapa penjelasan mengenai jenjang karier seorang data engineer, yang dimulai dari junior data engineer, data engineer officer, dan senior data engineer.

Junior Data Engineer

Sebagai langkah awal memulai karier sebagai data engineer, tentunya kamu harus memiliki skill atau keahlian yang mumpuni, untuk memenuhi kualifikasi atau persyaratan dari perusahaan atau startup yang akan merekrut.

Seperti yang sudah kita bahas mengenai skill atau keahlian, kamu harus memiliki pengetahuan seputar sql, python, struktur database, machine learning, dan pengetahuan lainnya.

Jika kamu sesuai dengan kualifikasi dan persyaratan, maka kamu akan langsung berkarier sebagai data engineer (entry level) atau junior data engineer.

Tugas seorang junior data engineer biasanya hanya akan melakukan tugas yang sudah ditentukan dan dibawah pengawasan supervisor untuk memastikan semua tugas dapat terselesaikan.

Data Engineer Officer

Setelah sekian lama berkerja atau berkarier sebagai junior data engineer dan kamu dianggap mampu menyelesaikan semua tugas dengan baik, maka kamu tidak perlu diawasi lagi oleh supervisor.

Pada tahap ini barulah, kamu akan dianggap naik tingkat menjadi sebagai seorang data engineer officer.

Untuk tugasnya sama seperti junior data engineer, bedanya cuma dalam pengawasan, seorang data engineer office tidak perlu lagi diawasi.

Senior Data Engineer

Setelah dirasa memiliki kinerja yang baik sebagai data engineer officer, maka kamu akan dipromosikan dan naik tingkat menjadi seorang senior data engineer. 

Senior data engineer memiliki tugas atau tanggung jawab untuk memastikan seluruh target tugas bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Senior data engineer juga memiliki tugas untuk melakukan audit dan evaluasi terkait kebutuhan secara keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan atau startup secara berkala, membangun rencana pengembangan infrastruktur data, dan memproyeksikan kebutuhan akan server.

Gaji/Upah

Seperti yang sudah kita bahas di deskripsi singkat, gaji atau upah rata-rata seorang data engineer digaji sekitar Rp. 11 jt/Bulan, dan untuk seorang junior data engineer berkisar Rp. 4 - Rp. 6 jt/Bulan.

Tentunya gaji tersebut akan naik sesuai kinerja dan pengalaman kamu serta jenjang karier. Jadi tidak perlu ragu untuk berkarier menjadi seorang data engineer, dengan gaji segitu dan jika kamu berdomisili di indonesia kamu masih bisa hidup layak.

Jurusan

Faktanya, berkarier sebagai data engineer tidak memerlukan suatu gelar. Walaupun sebagian besar perusahaan atau startup biasanya akan memberikan syarat harus dari lulusan jurusan komputer atau IT.

Tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang tidak sempat mengeyam bangku kuliah dan hanya lulusan SMA/SMK bisa berkarier menjadi seorang data engineer, semua tergantung skill atau keahlian yang kamu kuasai.

Untuk jurusan, kami merekomendasikan jurusan IT seperti Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Statistika, dan jurusan IT lainnya.

Kesimpulan

Data engineer adalah suatu dalam ranah IT yang bertugas untuk megelola data, didalam suatu perusahaan atau startup. Jenjang karier seorang data engineer dimulai dari junior data engineer, data engineer officer, dan senior data engineer.

Rata-rata gaji seorang data engineer berkisar Rp. 11 jt/.bulan, dan untuk junior data engineer berkisar sekitar Rp. 4 - Rp. 6 jt/bulan.

Jika kamu tidak mengeyam bangku kuliah, kamu perlu suatu sertifikasi atau mengikuti suatu kursus bersertifikat dan diakui oleh perusahaan atau startup yang ingin kamu masuki.

Jadi, untuk kamu yang tidak memiliki latar belakang pendidikan IT, ngak perlu khawatir, kamu bisa mulai belajar secara tekun untuk menjadi seorang data engineer.


Semoga dapat menambah insight dan wawasan kamu mengenai data engineer.

Referensi:
campus.quipper.com
sekawanmedia.com

Next Post Previous Post