Profesi Barista, Tugas, Karier, Gaji, Pendidikan, & Lowongan Kerja

Grow with Jaya - Barista adalah salah satu dari sekian banyaknya profesi yang saat ini sedang diminati oleh anak muda lho!

Saya rasa kamu juga ya kan? Buktinya kamu membaca artikel ini. Jika kamu sedang mencari informasi seputar Barista, tentu kamu berada di artikel yang tepat!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai barista, sebenarnya apa sih barista itu?

Kenapa banyak anak muda yang ingin berkarier atau kerja sampingan menjadi barista?

Berapa sih gajinya, apakah ada jenjang kariernya?

Nah pertanyaan tersebut akan kami jawab pada artikel ini. Yuk kita simak!

Tentang Barista

Jika kamu mendengar kata barista, apa sih yang ada dipikiranmu? Kopi? Cafe? Benar sekali! Barista erat kaitannya dengan kopi dan cafe. Jadi barista itu apa? 

Barista adalah sebutan atau istilah bagi seseorang yang mempunyai keahlian dalam membuat, menghidangkan atau menyajikan minuman espresso, apaan tuh?

Jadi, espresso adalah suatu jenis minuman kopi yang diekstraksi atau dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang biasa disebut mesin espresso.

Ngak cuma bikin kopi pake mesin aja! ternyata seorang barista lebih dari itu. Seorang barista memiliki tanggung jawab juga pada mesin kasir dan menghandle semua masalah yang ada di suatu cafe atau kedai kopi. 

Jika kamu pernah mengunjungi cafe mewah pasti pernah melihat bagaimana seorang barista menyajikan kopi yang mengandung seni, biasanya kopi yang dipesan akan diracik secara aesthetic dan diberi sebuah hiasan sesuai request dari pelanggan.

Seorang barista ternyata juga ada pelatihannya lho! Untuk kamu yang ingin menjadi seorang barista, usahakan kamu memiliki jiwa artistik yang menyukai tantangan.

Hal ini tentu akan memudahkan kamu ketika sedang melayani pelanggan yang rewel nantinya.

JobDesk Barista

Berikut beberapa tugas atau job description seorang barista yang wajib kamu ketahui!
  1. Meracik, membuat, menyajikan, atau menghidangkan kopi sesuai orderan dari pelanggan
  2. Menerima orderan dari pelanggan yang datang secara ramah, cekatan, dan teliti.
  3. Memberikan rekomendasi menu kepada pelanggan.
  4. Memberikan penjelasan terkait menu yang tidak dimengerti oleh pelanggan.
  5. Memenuhi permintaan pelanggan sesuai protokol yang berlaku.
  6. Melayani pelanggan yang akan melakukan pembayaran
  7. Menjaga kebersihan tempat kerja
  8. Melayani pelanggan dengan sepenuh hati
Nah itu lah beberapa tugas umum seorang barista. Cukup banyak kan? Itu masih terbilang sedikit lho! 

Tugas diatas belum tentu juga diterapkan pada suatu coffe shop, karena kembali lagi pada jobdesk atau ketentuan dari coffe shop masing-masing.

Karier Barista

Jika kamu tertarik mengawali karier sebagai seorang barista tentunya akan memulai pada posisi barista junior atau junior barista. 

Seorang junior barista akan berkerja dibawah pengawasan dari senior barista, tentunya sebelum itu kamu akan mendapatkan training atau pelatihan terlebih dahulu mengenai jenis kopi sampai metode pembuatan kopi dan meracik kopi yang memiliki nilai estetika.

Jika kamu dinilai mahir dalam membuat dan meracik kopi nah kamu akan direkomendasikan menjadi seorang barista profesional yang akan melayani langsung pelanggan.

Jika sudah menjadi barista profesional selanjutnya bagaimana? 

Ngak cuma berhenti di barista aja! kamu berpotensi berkarier lebih tinggi dari seorang barista, nah berikut jenjang karier seorang barista di coffe shop ternama Startubucks
  • Barista
  • Supervisor
  • Store manager
  • District manager
Gimana? tertarik untuk menjadi seorang barista? kira-kira berapa sih gaji seorang barista?

Yuk kita simak penjelasan mengenai gaji seorang barista.

Gaji Barista

Gaji seorang barista tentu berbeda-beda, tergantung tempat, situasi, dan kondisi. Namun, rata-rata di indonesia sekitar Rp 3 juta seperti yang dikutip dari indeed.com.

Berapa gaji barista di Starbucks?

Dikutip dari berbagai sumber, gaji seorang barista di Startbuks adalah sekitar Rp. 2.98 juta sampai Rp. 8 juta.

Wah gede banget ya?

Eits tunggu dulu, tentunya gaji segitu untuk sebuah kedai atau coffe shop besar atau mewah sekelas Startbucks, bagaimana dengan kedai atau coffe shop kecil?

Dikutip dari suara.com gaji seorang barista di kedai atau coffe shop kecil berada di kisaran dibawah Rp. 1 Juta, sekitar Rp. 500 ribu. Kok kecil banget? Tentu hal ini dipengaruhi berbagai hal.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena jika sudah bekerja cukup lama tentu akan ada kenaikan gaji, tergantung owner atau bos kedai kopi tersebut.

Informasi diatas hanyalah perkiraan saja, tidak ada yang tahu berapa pasti gaji seorang barista, karena tentunya akan sangat berbeda untuk tiap daerah. Syukur jika mendapatkan gaji yang besar.

Pendidikan Barista

Apakah menjadi seorang barista harus kuliah? 

Tidak, minimal pendidikan untuk kamu yang ingin menjadi seorang barista biasanya adalah lulusan SMA atau SMK, ada juga lulusan SMP, yang terpenting kamu bisa membaca, menulis, dan menghitung. 

Lowongan Kerja Barista

Gimana sih cara mencari lowongan kerja barista?

Cara paling gampang adalah kamu mengunjungi coffe shop atau kedai kopi untuk menanyakan apakah ada lowongan kerja.

Jika ada kamu bisa menanyakan persyaratan lalu kemudian melamar pekerjaan tersebut, jika tidak kamu bisa pergi ke kedai kopi lain.

Kenapa tidak cari di internet saja?

Saat ini marak lowongan kerja yang tidak diketahui kepastiannya alias palsu! Hal itu akan merugikan kamu tentunya.

Namun, ada beberapa yang asli, kamu tinggal melihat kejelasan dari informasi lowongan kerja tersebut, mungkin pada artikel berikutnya saya akan membahas mengenai cara membedakan lowongan kerja asli dan palsu.

Kamu juga bisa mencari lowongan kerja pada situs loker.growwithjaya.com (masih dalam tahap pembuatan).

Sekian

Nah itu lah beberapa informasi seputar barista, mulai dari gaji, jobdesk, karier, pendidikan, hingga lowongan kerja seorang barista.

Sekian dari kami, semoga informasi diatas dapat membantu kamu dan menambah wawasan atau insight kamu tentang barista!

Terima kasih sudah membaca, nantikan artikel menarik lainnya.

Next Post Previous Post