Profesi Application Engineer, Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan

Grow with Jaya - Application Engineer atau Insinyur Aplikasi adalah salah satu profesi dalam bidang IT.

Biasanya seorang application engineer bekerja pada suatu perusahaan teknologi atau startup seperti Google, Gojek, Tokopedia, dan startup besar lainnya.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang application engineer? atau mungkin kamu sedang mencari informasi tentang profesi IT ini?

Kamu ada di artikel yang tepat!

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Application Engineer: Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan yang di perlukan untuk menjadi seorang application engineer

Deskripsi Singkat

Nama Profesi: Application Engineer (Insinyur Aplikasi)

Gaji: Rp. 5jt - 7jt/Bulan

Pendidikan: S1/Sederajat

Jurusan: Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, jurusan IT lainnya.

Sertifikasi: Oracle Certified DBA Master, Sun Certified Architect, Microsoft Certification Application Developer (MACD)

Mengenal Application Engineer

Istilah Application Engineer tentu akan sangat terdengar asing, terutama bagi mereka yang awam akan teknologi, mungkin mereka taunya seorang application engineer adalah orang yang bekerja menggunakan komputer.

Menurutmu bagaimana? Salah atau tidak?

Ada benarnya juga, karena seorang application engineer tidak akan lepas dari komputer dan aplikasi.

Sesuai namanya, seorang application engineer atau insinyur aplikasi akan bertugas merancang sebuah aplikasi sama halnya insinyur pada umumnya.

Jadi, apa sih application engineer itu?

Application Engineer atau Insinyur Aplikasi adalah salah satu pekerjaan dalam divisi IT yang mempunyai tugas untuk mendesain, merancang, membuat, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi sebuah aplikasi atau perangkat lunak (software).

Seorang application engineer diharuskan untuk mempunyai pengetahuan IT, kemampuan manajemen tim, dan mahir dalam berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, C++, Golang, Perl, Rubby, PHP, dan bahasa pemrograman lainnya.

Walaupun seorang application engineer tidak langsung terjun membuat program sebuah aplikasi atau software, mereka juga diharuskan memiliki kemampuan atau skill tentang penulisan atau penataan kode dari aplikasi atau software yang akan dibuatnya.

Jika kamu menjadi seorang application engineer, nantinya kamu akan bertugas untuk menguji aplikasi, mengevaluasi hasil pengujian, menindaklanjuti feedback dari user, dan bekerja dengan anggota tim lainnnya untuk mengembangkan suatu aplikasi atau software.

Tugas & Jobdesk

Berikut beberapa tugas dan jobdesk dari seorang application engineer yang wajib kamu ketahui!

  1. Mengumpulkan informasi dari client tentang kebutukan mereka untuk merancang aplikasi atau perangkat lunak agar sesuai dengan keinginan mereka.
  2. Melakukan koordinasi dengan client untuk merancang sketsa awal dari suatu aplikasi atau software.
  3. Merancang, mendesain, membuat, mengembangkan, dan mengevaluasi aplikasi atau software yang akan dibuat.
  4. Meminta feedback kepada user untuk mengevaluasi aplikasi atau software
  5. Menulis program atau code yang akan digunakan pada aplikasi atau software menggunakan bahasa pemrograman
  6. Memberikan saran, masukan, dan kritik terkait aplikasi atau software yang akan dibuat.
  7. Memastikan suatu aplikasi atau perangkat lunak dapat berjalan dengan lancar setelah proses pengujian.
  8. Melakukan maintance atau pemeliharaan aplikasi atau perangkat lunak.
  9. Mencatat semua aspek aplikasi atau perangkat lunak untuk memudahkan peningkatan atau pemeliharaan di masa yang akan datang.

Wah cukup banyak ya?

Yuk kita simak mengenai skill atau keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang application engineer.

Skill & Keahlian

Berikut beberapa skill atau keahlian dan pengetahuan yang wajib dikuasai oleh seorang Application Engineer.

  1. Pengetahuan tentang matematika dan algoritma
  2. Pengetahuan tentang software atau perangkat lunak
  3. Pengetahuan tentang bahasa pemrograman
  4. Pengetahuan tentang teknologi dan perkembangannya
  5. Kemampuan menulis code secara rapi
  6. Kemampuan bahasa asing
  7. Kemampuang berkomunikasi
  8. Kemampuan dalam memanajemen tim
  9. Kemampuan dalam problem solving atau menyelesaikan masalah
  10. Kemampuan melakukan analisis

Banyak juga ya?

Tidak semua harus dikuasai, namun minimal kamu bisa menguasai setengahnya. Kembali lagi pada ketentuan dan kebutuhan dari perusahaan.

Jenjang Karier

Berikut jenjang karier seorang isinyur aplikasi atau application engineer yang diterapkan dalam perusahaan atau industri IT, wajib kamu ketahui!

1. Application Engineer

Jenjang karier seorang application engineer atau insinyur aplikasi tentu dimulai dari tahap ini, baru kemudian menjadi manager lalu lanjut menjadi specialist.

Seperti yang sudah kita bahas diatas, seorang application engineer atau isinyur aplikasi memiliki tugas mendesain, merancang, membuat, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi sebuah aplikasi atau software atau perangkat lunak.

Seorang application engineer akan memanfaatkan informasi dari client atau pelanggan dan tim marketing atau penjualan untuk melakukan maintance atau pemeliharaan dan melakukan desain ulang aplikasi atau software jika dirasa diperlukan.

Seorang insinyur aplikasi biasanya berkerja dilingkungan kantor (work from office), disituasi pandemi seperti sekarang ini banyak dari mereka yang berkerja dari rumah (work from home) ada juga perusahaan yang menerapkan WFA (work from anyware).

2. Application Manager

Application manager adalah seorang insinyur aplikasi yang memiliki track record atau prestasi cukup bagus, mereka akan dipromosikan menjadi seorang manager, yaitu menjadi application manager.

Tugas seorang application manager yaitu memastikan sebuah proyek berjalan dengan lancar dan menyelesaikan permasalahan secara lancar, agar project aplikasi atau software dapat berjalan dengan lancar.

Seorang application manager juga dituntut untuk bisa melakukan manajemen sebuah tim yang terdiri dai application engineer atau insinyur aplikasi.

Biasanya untuk menjadi seorang application manager dibutuhkan sekitar lima tahun atau lebih menjadi seorang insinyur aplikasi terlebih dahulu, baru kemudian akan di promosikan menjadi seorang manager.

Maka tak heran jika seorang application manager adalah mereka yang memiliki umur tidak muda lagi.

3. Application Specialist

Application specialist adalah seorang speasialis aplikasi yang sudah memiliki pengalaman yang sangat lama dan diakui skill atau keterampilannya. 

Seorang speasialis aplikasi sangat diperlukan dalam industri yang menggunakan sistem perangkat lunak atau software, tentu saja juga pada perusahaan IT.

Mereka memiliki keterampilan untuk mengubah sebuah software atau perangkat lunak, menginstall perangkat lunak baru, dan memecahkan permasalahan yang terjadi didalam suatu sistem aplikasi atau software.

Sama seperti manager aplikasi, seorang speasialis aplikasi adalah mereka yang memiliki umur tidak muda lagi, kebanyakan sudah ubanan.

Nah itulah jenjang karier seorang Application engineer atau insinyur aplikasi, gimana? tertarik untuk berkarier sebagai seorang insinyur aplikasi?

Sebelumnya mari kita simak terlebih daulu mengenai salary atau gaji yang ditawarkan,

Gaji/Upah

Gaji seorang application engineer tentunya berbeda-beda tergantung pengalaman dan tempat kamu bekerja.

Seperti yang ada di deskripsi singkat, Gaji seorang application engineer berada di kisaran Rp. 5jt sampai Rp.8jt per-bulan.

Cukup gede gak sih?

Informasi diatas hanyalah sebuah perkiraan, karena kembali lagi pada pengalaman kerja dan kebijakan perusahaan.

Gaji diatas bisa kamu jadikan sebagai penyemangat jika ingin menjadi seorang application engginer. Kamu bisa memulai belajar mengenai dasar bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi.

Rekomendasi Jurusan

Untuk menjadi seorang application engineer tentu kamu harus menempuh bangku kuliah terlebih dahulu, walaupun lulusan SMA/SMK juga berpotensi menjadi seorang application engineer.

Namun, rata-rata kebanyakan seorang application enginner adalah lulusan dari jurusan teknologi informasi seperti teknik informatika, teknik komputer, ilmu komputer, sistem informasi, dan jurusan IT lainnya.

Kesimpulan

Menjadi seorang application engineer atau insinyur aplikasi sangatlah tidak mudah. Dibutuhkan investasi waktu dan uang yang bisa dibilang tidak sedikit. 

Jika kamu ingin menjadi seorang application engineer, pastikan kamu memiliki tekad yang kuat untuk terus belajar dan mulailah menyukai tantangan.

Sekian artikel mengenai Application Engineer: Tugas, Skill, Karier, Gaji, & Jurusan. Semoga dapat menambah insight kamu tentang profesi application engineer.

Terima kasih sudah membaca, terus pantau website kami dan follow sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru.
Next Post Previous Post